TONTON ONLINE ATAU UNDUH KLIP
MUSIK ELEKTRONIK: TONTON ONLINE ATAU UNDUH KLIP
GENRE: MUSIK ELEKTRONIK
Musik elektronik (dari bahasa Inggris Elektronik musik, dalam bahasa umum juga "elektronik") adalah genre luas yang menunjukkan musik yang dibuat menggunakan alat musik elektronik dan peralatan elektronik. Meskipun instrumen elektronik pertama muncul pada awal abad ke-20, musik elektronik sebagai genre berkembang pada paruh kedua abad ke-20 dan pada awal abad ke-21. termasuk lusinan varietas.
Karakteristik
Seringkali, musik elektronik dipahami sebagai apa yang disebut musik klub elektronik (electronic dance music), sub-genre di antaranya adalah techno, house, drum-n-bass, hardcore, breakbeat, trans. Sebagai istilah pemasaran, "musik elektronik" mengacu pada musik yang dibuat (sebagai lawan dari musik akustik) terutama dengan cara elektronik - synthesizer, mesin drum, sampler, sequencer, komputer.
Suara apa pun yang dihasilkan oleh sinyal listrik dapat disebut elektronik. Dalam hubungan ini, frasa “musik elektronik” kadang-kadang diterapkan secara salah pada musik yang dimainkan pada instrumen akustik biasa (misalnya, jazz atau musik rakyat), hanya karena amplifier elektronik digunakan dalam proses perekaman atau pertunjukan.
Sejarah
Latar belakang: XIX dan awal abad XX
Alat musik elektronik pertama diciptakan oleh Tadeusz Cahill pada tahun 1901. Mereka menjadi Tellharmonium (Bahasa Inggris Telharmonium), dengan berat 7 ton [1]. Atas dasar generator listrik dan roda nada, Tadeusz mereproduksi berbagai catatan.
Pada 1920, penemu Rusia Lev Theremen menciptakan Theremin. Ini adalah alat di mana nada suara berubah tergantung pada lengan pemain yang bergerak dalam medan elektromagnetik di dekat dua antena logam.
Salah satu pendahulu langsung dari musik elektronik adalah musik spesifik - aliran avant-garde, yang didasarkan bukan pada melodi, tetapi pada suara dan suara alami yang direkam sebelumnya dan diproses.
1960-an - 70-an: dari psychedelia ke elektronik
Awal mula musik elektronik sebagai arah independen diletakkan pada pergantian tahun 1960-an-70an melalui upaya artis Kraut-rock Can , Popol Vuh , Klaus Schulz dan kelompok-kelompok Tangerine Dream , Organisasi, Kraftwerk , Cluster, Neu! . Menggambar ide-ide utama dari rock ruang angkasa dan rock psychedelic, serta dari avant-garde akademik Karlheinz Stockhausen dan Janis Xenakis, musisi ini menciptakan kolase suara eksperimental. Gagasan utamanya adalah menggunakan elektronik sebagai alat ekspresi baru, yang mampu membangkitkan citra surealis dalam imajinasi. Pada awal tahun 80-an, ada tiga arah utama dalam pengembangan elektronik:
1. Musik instrumental-elektron, menggunakan set lengkap instrumen elektro-musikal untuk menciptakan potongan synthesizer yang dikembangkan secara komposisional, seringkali dengan tema "kosmik". Para pemimpin tren ini adalah Tangerine Dream , Vangelis. Ada kekhasan nasional: perwakilan dari "Sekolah Berlin" memunculkan musik psychedelic ( Tangerine Dream , Klaus Schulz), dan pemain Prancis - dengan gaya yang lebih ringan dan populer (Jean-Michel Jarre, Space). 2. Latar belakang "musik lingkungan", tanpa ritme yang jelas dan melodi tertentu, yang disebut "ambient". Penulis definisi ini adalah Brian Eno, yang dianggap sebagai pendiri gaya. Meskipun banyak musisi memainkan musik ambient sebelumnya. 3. "Lagu" bentuk musik elektronik (synth-pop, electro-pop, techno-pop), dibedakan oleh ritme tari yang jelas dan mekanistik, artifisial demonstratif suara (synthesizer tidak lagi meniru suara alat musik nyata), menggunakan vokal (sering seperti robot) di sebagai tandingan terhadap pengaturan synthesizer, minimalis dan struktur ostinin komposisi. Lirik sering memiliki orientasi sosial-futurologis dan fiksi ilmiah. Pelopor yang tidak perlu dari gaya ini - grup Kraftwerk. Dengan munculnya gelombang baru, tren ini menjadi luas dan populer ( Mode Depeche , Pet Shop Boys , Gary Numan , OMD, Liga Manusia , Ultravox , dll.)
1980-90-e
Setelah kesuksesan perintis, banyak kelompok musik telah tumbuh, memperkaya musik elektronik dengan ide-ide baru. Di persimpangan musik etnis dan ambient, gaya zaman baru telah muncul, menekankan suara meditasi ringan. Keterampilan membuat melodi elektronik liris dipancarkan oleh Kitaro Jepang. Marek Bilinski dan grup Pond berkontribusi pada pengembangan gaya synthesizer yang populer, dan di negara kita - Zodiac, Argo, Edward Artemyev. Karya terbaik mereka tidak kalah dengan hit yang diakui dari para insinyur elektronik terhormat. Laserdance dan Koto memainkan musik berirama yang kuat dengan motif tarian. Tetapi sebagian besar dari semua berbagai sub-gaya dan cabang berisi musik techno. Gagasan Kraftwerk Mereka adalah "sorakan" yang dirasakan di klub DJ, dan gaya techno baru secara bertahap muncul dari klub bawah tanah, di mana ritme dan efek diletakkan di tempat pertama. Melody tidak diperlukan, karena tujuan dari musik tersebut adalah untuk mencapai ekstasi technotronic. Bukan kebetulan di pesta-pesta klub sering menggunakan stimulan kimia untuk meningkatkan efeknya.
Tetapi ada juga lebih banyak pilihan musik techno. Saat menghubungkan techno dan ambient, gaya idm lahir - musik techno serius, terbuka untuk semua jenis eksperimen. Ini dimainkan oleh Orb, Autechre , Aphex Twin . Para pemimpin "trans psychedelic" adalah Juno Reactor dan Astral Projection . Dan, akhirnya, menggabungkan musik elektronik dan musik rock, kami mendapatkan "Techno-Industrial", yang tidak memiliki Majelis Front Line yang setara , Haujobb , In Strict Confidence .
Selama periode ini, mekar musik elektronik tari mulai, termasuk arah seperti techno (elektro), elektro (elektro), rumah (rumah) atau trans (trans). Musik dansa elektronik diciptakan oleh musisi elektronik, yang tujuan utamanya adalah menyediakan lagu untuk penampilan mereka oleh DJ (DJ), perwakilan khas budaya ini adalah Tiesto, Paul van Dyk , BT , Paul Oakenfold dan Above and Beyond. Tetapi musik dansa elektronik sering dapat ditemukan dalam format album musik lengkap.
Abad XXI
Awal abad XXI untuk musik elektronik ditandai oleh keinginan untuk persatuan melalui berbagai bentuk yang tak terbatas. Gaya murni hanya tersisa dalam teori. Dalam praktiknya, hampir semua karya mengandung unsur-unsur yang sangat banyak jenis musik, dan untuk menggambarkan album kita harus menggunakan definisi komposit yang kompleks. Gagasan yang sangat populer adalah penciptaan techno-remix pada tema komposisi terkenal tahun 70-an dan 80-an. Pemrosesan seperti ini telah mengalami musik Jarre, Space , Vangelis, dan Tangerine Dream Mereka tidak menolak untuk mengerjakan ulang sendiri, merilis disk ke-4 dari seri Dream Mixes. Banyak musisi tekno memahami musik elektronik tentang karya para pendiri genre, dan sekarang para pendiri itu sendiri memasukkan ide-ide para inovator dalam karya-karya mereka. Album Jarr "Metamorphoses" dibuat dengan injeksi techno / pop / new age yang nyata, dan Klaus Schulze aktif terlibat dalam eksperimen dengan suara techno / drum'bass (album "Dosburg Online" dan "Trance Appeal"). Techno, trance, ambient dan industri saling terkait dalam album Delerium , System 7 dan Synaesthesia. Sintesis alternatif punk rock dan techno yang berat diwakili oleh Velvet Acid Christ dan Wumpscut.